Pages

Monday, June 20, 2016

Logitech G29 Problem and Solution


Beberapa hari yang lalu, seorang teman bercerita Logitech G29 nya bermasalah. Indikasinya kalau setir diputar ke salah satu arah (kiri atau kanan) maka timbul masalah seperti tombol tombol di setir tidak berfungsi, LED mati, paddle shift mati. Dia pakai G29 di PC dan PS3.

Berikut laporan dari beberapa teman yang mengalaminya :


Kabar selanjutnya ketika user ini membongkar setir sampai ke rumah setirnya sekalian, tidak menemukan keanehan, tidak ada kabel terjepit /putus, tidak ada pcb gosong, tidak ada konektor yang lepas, everything seems normal. Namun anehnya ketika dia rakit kembali G29 itu, dan dinyalakan malah tidak ada respon sama sekali, alias mati total !!
Saya pikir ini hanya random problem yang karena manufacturing defect, atau mungkin juga faktor dari usernya :) hehehe peace.

Sampai beberapa hari kemudian saya mendapat kabar dari teman yang lain : Dia menggunakan G29 di PS4. Indikasinya juga sama, ketika setir diputar ke kiri, tiba tiba terpencet tombol share atau option


 

Sampai disini saya jadi ingat ketika 3 bulan lalu membongkar G29 untuk modif handbrake, saya perhatikan konektor PCB di setir agak ringkih. Dulu di G25 dan G27 isinya hanya 4 kabel, sekarang isinya 7 kabel.

Googling dan Youtubing sebentar, ternyata lumayan ada beberapa kasus yang mirip dengan kedua contoh di atas. Bahkan ada yang membongkar sendiri juga dengan hasil persis  di atas... setirnya malah jadi mati total.

Solusi yang terbaik tentu saja claim garansi, untuk itu selalu simpanlah nota pembelian anda, dan pertahankan stiker hologram Logitech yang ada di balik setir tetap terjaga tidak rusak. Dari beberapa pengalaman sebelumnya, claim garansi ke Logitech di Indonesia (Surya Candra) tidaklah sulit. Bahkan seringkali mereka tidak mau ambil pusing untuk repair, setir anda langsung diganti baru ! Inilah keunggulan Logitech dibanding merk lain di Indonesia. Good job Logitech, thumbup.

Namun bagaimana apabila setir anda sudah habis masa garansinya, bon pembelian hilang, atau anda jauh dari pusat kota, atau segel sudah rusak, dan berbagai macam sebab lainnya yang membuat anda tidak bisa claim garansi ?

Berbekal niat dan sedikit pengetahuan elektronik, anda bisa perbaiki sendiri koq. Tidak usah khawatir.
Sumber masalahnya ada di konektor yang menghubungkan antara PCB di lingkar setir dengan PCB di dalam rumah setir.



Konektor ini terhubung dengan 7 kabel yang ikut berputar sesuai dengan setir, Kemungkinan besar salah satu kabelnya ada yang putus di dalam atau terlepas dari konektornya. Kalau semua tombol di setir tidak berfungsi, maka kemungkinan kabel warna hitam yang putus. Bagaimana mendeteksinya ? Bisa dengan continuity test ke ujung konektor yang di dalam setir (bisa pakai multitester), Jadi, test setiap kabel di konektor tersambung atau tidak ke ujung konektor yang di dalam rumah setir, yang ditunjukkan pada lingkaran merah di gambar di bawah ini:


Kemudian kalau sudah ketemu kabel mana yang putus, segera diganti dengan kabel baru. Pastikan ketika konektornya tersambung dengan sempurna, dan ketika merakit kembali tidak ada kabel yang terlalu tegang.

Salah seorang user Logitech G920 ada yang memakai glue gun untuk menjaga konektor dan kabel tidak goyang goyang. Hasilnya agak berantakan sih, tapi secara fungsional sangat bagus.



Sebab dari putusnya koneksi ini seperti dibahas di atas adalah karena setir yang berputar putar sehingga konektornya goyang /tertarik. Bisa juga dari material kabel yang terlalu tipis. Mungkin kedepannya Logitech akan merevisi desain dengan menggunakan kabel yang lebih tebal, dan lebih bagus lagi kalau menggunakan kabel spiral (seperti kabel gagang telepon) sehingga lebih fleksibel. Desain ini dipakai oleh Thrustmaster di T500 dan T300.

Demikian salah satu problem dan solusi yang terjadi di Logitech G29. Hal yang sama berlaku juga untuk Logitech G920. Semoga tulisan ini bisa membantu para user yang membutuhkannya.

Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di bagian comment.




3 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. Wah gan gini setir saya problemnya tombol pedal semua oke kecual setirnya ga kalibrasi dan axisnya ke kiri terus ada solusi ga bang :'( udah kangen main

    Saya beli di tanggerang dan bawa pulang ke makassar jadi mau bawa sayang uang :'(

    Mohon balasannya

    ReplyDelete
  3. Sy jg sama nih.. pedal & shifter normal.. tp steer ga mau kalibrasi

    ReplyDelete