Pages

Monday, May 9, 2011

Field Report Gran Turismo Indonesia Community GTIC, Drift Camp 22-23 April 2011

Event ini merupakan eksibisi perdana yang pernah diadakan oleh Gran Turismo Indonesia Community, event bertajuk GTIC Show ini diadakan di sebuah event otomotif bertaraf Nasional, Drift Camp 4 dan 5 yang diadakan 23 dan 24 April 2011 lalu yang digelar oleh Sportku.com di JIEXPO Drift Track Kemayoran. Drift camp merupakan sebuah ajang latihan bagi para drifter guna meningkatkan skill-nya untuk berlaga di ajang kejuaraan nasional seperti Driftbash Indonesia, maupun bertaraf internasional layaknya Formula Drift Asia.



Gran Turismo Indonesia Community merupakan komunitas permainan balap simulasi berbasis game Gran Turismo yang hadir di console PlayStation 3. Gran Turismo merupakan balap simulasi yang hadir untuk console pertama kali pada tahun 1997 oleh Polyphony Digital Inc. hingga saat ini mereka telah meluncurkan seri ke lima Gran Turismo yang sudah memiliki dukungan penuh terhadap steering wheel dan memiliki sensasi yang mendekati nyata. Berbagai macam komunitas pun muncul di tingkat internasional dan berbagai macam kegiatannya, salah satunya adalah Gran Turismo Indonesia Community.
Acara yang kami selenggarakan bukanlah sekedar acara eksibisi game biasa, kami menghadirkan beragam hiburan kepada kalangan umum, termasuk pengunjung dan drifter yang mengikuti latihan di Drift Camp.  Mulai dari Free Run kepada pengunjung stand kami hingga event Time Trial yang berhadiah total Rp. 1.200.000 terbuka untuk umum!

Foto diatas menunjukkan suasana persiapan booth GTIC Show pada hari Sabtu pagi. Nampak para official GTIC sedang sibuk mempersiapkan alat-alat dan kebutuhan demi kelangsungan acara GTIC Show. Untuk event kali ini, kami menggunakan 2 racing rig simulator, yang di kiri merupakan JonasRS Custom Cockpit dan yang di kanan merupakan Champion Simulator Rig milik om Didit yang kini sudah mulai diproduksi masal! Instalasi peralatan sedikit terganggu pemasangan listrik, akhirnya pukul 11.30 stand kami dibuka.

Dan stand kami pun diapadati oleh banyak pengunjung Drift Camp yang penasaran ingin mencoba serunya mengendarai mobil balap walaupun hanya di permainan simulasi. Panas yang sangat terik tidak menyusutkan antusiasme pengunjung dan peserta. Terutama peserta free run yang panjang antriannya. Berkat kesigapan panitia, antrian dapat dipersingkat, dan acara berlangsung dengan baik.
Hari sabtu yang panas dan sangat lembab, namun stamina kami tetap terjaga berkat supply es kelapa muda dari om Silver_Wolf. Seperti dugaan awal, terlihat beberapa pemain yang sangat berbakat dan selama ini belum mengenai GTIC. Bahkan ada yang masih belia yang sudah mahir bermain dengan full clutch bahkan drifting.
Mengenai lomba, kami set cukup menantang, menggunakan mobil BMW M3, ban sport hard, no aids, track autumn ring mini. Peserta lomba berasal dari berbagai kalangan dari kalangan gamers, komunitas otomotif, bahkan pembalap, drifter, dan pereli. Terbukti dari finalis hari pertama berasal dari berbagai kalangan. Notable appearance by Komunitas simulasi balap Live For Speed Indonesia, Dean Zen dan Dipo Dwiki – drifter nasional yang mengikuti kompetisi Time Trial, dan mas Rizal Sungkar pereli nasional yang juga sempat mencoba rally mode di Gran Turismo 5, beliau juga mengundang kami untuk mengisi acara Fastron Gold Time Attack Sentul di waktu depan.
Selain mengadakan eksibisi, event kami juga menjadi sarana gathering komunitas GTIC untuk mempererat persahabatan sesama anggota kami, dan banyak sekali wajah-wajah baru dari GTIC yang belum pernah muncul walaupun memiliki skill yang sangat baik. Salah satunya adalah Billy Jehan yang jauh-jauh datang dari Bandung untuk berkumpul bersama anggota GTIC lainnya, termasuk om Silver_Wolf yang sudah repot datang membawakan kelapa muda.
Penyisihan sudah, dan final Time Trial semakin menangangkan, setelah BMW M3 Coupe di Autumn Ring Mini, regulasi final diperketat dengan McLaren MP4 dengan track Autumn Ring Full. Kombinasi track yang sangat technical dan mobil yang relatif overpower untuk track pada final Time Trial Challenge ini terlihat cukup merepotkan para finalis, namun mereka tidak mudah menyerah. Billy Jehan yang jauh datang dari Bandung berhasil memenangkan event Gran Turismo Time Trial Challenge, disusul oleh Wisely Salim, our tame driver yang memiliki skill tinggi untuk bersaing di Gran Turismo dan di posisi ketiga Dipo Dwiki drifter nasional yang pastinya memiliki kemampuan yang baik.
Selamat kepada para pemenang, GTIC berharap dengan adanya acara ini dapat lebih mengenalkan komunitas GTIC dan menjalin komunikasi antar sesama penggemar Gran Turismo di Indonesia dan penggemar racing game secara umum. Terima kasih kepada kepada pihak penyelenggara Drift Camp, FK30, Sportku.com, dukungan sponsor dari 247 Cafe, Drakuli store, XGE gaming center, Top 1 oil, dan pada official GTIC yang berdedikasi tinggi mensukseskan event GTIC kali ini. Tidak lupa pula kami sampaikan terima kasih kepada media yang meliput kegiatan ini yaitu sportku.com, dapurpacu.com, stephenlangitan.com, Jak-TV dan MNC-TV.
Sampai jumpa pada event GTIC selanjutnya.



2 comments:

  1. you are the best.

    i love you

    now, give me back my G25 adapter :P

    ReplyDelete
  2. Om didit Masih jual Setir lagi ngga.... Soal nya sya mau beli... dan sya mau nanya berapa harga nya.... Bisa Nego ngga.? TERIMAKASIH Klo Bisa Sya minta nomer Om Didit

    ReplyDelete